Kamis, 25 September 2014

Sistem Pengapian dan Arti warna kabel pada Sepeda Motor

Pengapian Sepeda Motor

Secara garis besar pengapian sepeda motor terbagi menjadi 2 yaitu :
1.Pengapian Konvensional atau Pengapian platina
2.Pengapian Elektrik atau Pengapian CDI
Pengapian Elektrik atau Pengapian CDI terbagi menjadi 2 yaitu :
1.Pengapian menggunakan Batray/Aki <DC>
2.Pengapian tanpa menggunakan Batray <AC>

Ok gan pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengecek pengapian sepeda motor.Seperti penjelasan saya diatas pengapian elektrik terbagi menjadi 2 yaitu pengapian menggunakan aki dan pengapian tanpa aki.
Pengapian Menggunakan Aki adalah sistem pengapian yang mengandalkan arus aki sebagai sumber api,secara pabrikan pengapian jenis ini terdiri dari beberapa komponen diantaranya Spull Pengisian-Pulser-Kiprok-CDI-Coil-Busi.

Pengapian Tanpa Aki  adalah sistem pengapian yang yang mengandalkan Spull Pengapian sebagai sumber arus pengapian.komponennya terdiri dari : Spull Pengapian-Kiprok-CDI-Coil-Busi

Bagaimana gan, sudah jelas kan penjelasan diatas.Sekarang bayangkan seandainya motor anda mogok,apa yang harus anda lakukan.Jangan panik Bro,...Langkah pertama yang anda ambil cek bensinnya,jika ternyata full to masih ada,cek api busi,..jika tidak ada api berarti kerusakan motor anda ada pada Sistem Pengapian.
Berikut saya jelaskan langkah2 yang harus anda ambil untuk mengecek komponen pengapian mana yang rusak.

Pada Pengapian AC atau spull sebagai sumber arus ini lho...yang perlu anda cek.
SPULL-CDI-COIL-BUSI.Bagaimana cara mengeceknya,...? Anda baca saja artikel saya sebelumnya tentang 3 Sebab Mesin Sepeda Motor Tidak Menyala,disitu dijelaskan bagaimana cara mengecek komponen pengapian.

Pada Pengapian DC ini lho yang perlu anda cek:
Batray
Cek arus batray,pokoknya batray harus ada arus,biar kecil tidak masalah asalkan pengisian masih bagus lho,..

Spull Pengisian
Cara mengeceknya hampir sama dengan spull pengapian bedanya kalau spull pengisian ada 2 kabel dan spull pengapian cuma 1kabel. kabel spull pengisian biasanya berwarna kuning ambil 2potongan kabel,1tempelkan kemasa tekan kuat2,yang satunya tempelkan tapi mengambang,kemudian kick starter.lihat ada api tidak,...!
                                   
Kalau kondisi Spull bagus harus ada api.

Kiprok
Mengapa kiprok perlu kita cek,jangan salah bro,...kiprok juga bagian penting dari pengapian jenis ini,tidak percaya,misal pada motor mio coba cabut cop ke kiprok dan hidupkan,sampai batray soak,...sampai kaki sakit tidak mungkin motor hidup,teslah brooo kalau tidak percaya.haaaa
Cara mengeceknya,cari kabel kiprok yang masuk ke CDI,tempelkan kemassa,kalau tidak ada api jelas kiproknya rusak,kiprok bagus kalau kabel tadi ada api.
                                      

CDI
Mengecek CDI jenis DC sama dengan jenis AC,Tinggal cabut kabel yang masuk ke Coil,tempelkan massa kemudian jegleg,lihat ada api CDI bagus,tidak ada api CDI rusak                                                                                          

COIL
Mengecek Coil tinggal cabut kabel Coil tempel massa,jegleg,...ada api Coil bagus.

                                   
BUSI
Lepas busi masukkan ke cop busi tempel kemassa,Kick Starter,ada api busi bagus
                                               

Arti Warna Kabel Pada Kendaraan Bermotor

     Arti warna kabel pada sepeda motor


 Warna kabel pada kendaraan bermotor merupakan pembeda antar arus dan tujuan arus seingga tiap warna mempunyai arti yang berbeda-beda. Seperti kabel pengapian spul, kabel spul lampu, kabel massa, kabel accu,dll. Dan tiap pabrikan juga berbeda-beda artinya. Berikut saya jelaskan arti warna kabel pada kendaraan bermotor :

KAWASAKI
Hitam-Kuning : (-) Masa
Putih-Merah : (+) Aki
Merah-Hitam : (+) Lampu depan jauh/dim
Merah-kuning : (+) Lampu depan dekat
Abu-abu : (+) Sein kanan
Hijau : (+) Sein kiri
Biru : (+) Lampu rem
Merah : (+) Lampu belakang
Coklat : (+) Klakson
(Sumber: Freddyanto Basuki, Service Department Marketing Division, PT Kawasaki Motor Indonesia. Buku Panduan Sepeda Motor Kawasaki)

SUZUKI
Hitam-Putih : (-) Massa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) Pengisian dari magnet
Kuning-putih : (+) Untuk ke penerangan
Merah : (+) Aki
Oranye : (+) Kunci kontak
Abu-abu : (+) Lampu belakang
Putih-Hitam : (+) Lampu rem
Hijau muda : (+) Sein kanan
Hitam : (+) Sein kiri
Kuning-putih : (+) Lampu depan
Putih–Biru : (+) Koil ke CDI
Biru-Kuning : (+) Pulser ke CDI
(Sumber : Pendi Suryanda, Supervisor Training Instruktur Senior Roda Dua PT Indomobil Niaga International)

Yamaha :
- Merah : Arus beban positif aki(+).
- Hitam : massa untuk semua negatif.
- Hijau Hitam : Output menuju lampu rem.
- Hitam Merah : Output Spull ke CDI “alfa”.
- Putih Merah : Arus pulser CDI.
- Putih Hijau : (-) pulser CDI “alfa”.
- Hijau : Arus penerangan lampu depan/lampu jarak dekat.
- Hijau Tua : Reting/sein kanan.
- Kuning : Lampu jarak jauh.
- Coklat : Arus out put yang keluar dari positif aki menuju kontak dan keluar melalui kontak.
- Coklat Tua : Reting/sein kiri.

Honda :
- Merah : Terminal positif aki(+).
- Hijau : Terminal Negatif aki(+).
- Biru : Lampu Jarak jauh.
- Biru Laut : Sein/reting kanan .
- Biru Kuning : Arus pulser CDI menuju CDI.
- Hitam Putih : Kunci kontak.
- Hitam Kuning : Arus yang masuk ke koil.
- Hijau Kuning : Output lampu rem menuju lampu rem.
- Coklat : Lampu Kota.
- Putih : Lampu Jarak Dekat .
- Orange : Sein/reting kiri.


Demikian Bro,...Penjelasan sedikit dari saya,pingin banyak datang saja kerumahku,haaaaa
Mudah2an bermanfaat,ada salahnya minta maaf bangeeeeet,...!

32 komentar:

  1. Maaf gan ane mau tanya, klo bntuk cdi mtor beat keluaran 2013 kya gmana yah gan...?

    BalasHapus
  2. kalau kabel kuning pada motor honda = apa??

    BalasHapus
  3. kabel kuning honda itu kabel lampu bro yogi

    BalasHapus
  4. terimakasih banyak gan informasinya

    salam Rajalistrik.com

    BalasHapus
  5. Gue nanya ni broo.cra msang cdi ke spul vie

    BalasHapus
  6. Maaf gan motor mio ane udh ganti CDA ama kuil n sepul ko.ga dapet api jga yaa gan

    BalasHapus
  7. kipprok rusak itu hanya kekurangan yg memakai sistem pengapian cdi sedangkan konvensional gak perlu dipakai kipprok tetap idup dikarnakan konvensional ac memakai kipprok buat menyuplai battery .... karna kipprok fungsinya menyetabilkan dan menahan arus ga jauh sama namanya elko atau kondesor.

    BalasHapus
  8. dari zama nini moyang motor atau kendaraan itu yg ga berubah sampai saat ini adalah warna kabel putih sama kuning. dimana putih sbgai pengisian dan kuning sebagi penerangan

    BalasHapus
  9. Unknow bisa jadi masa loe ga kepasang atau longgar cek dulu :v

    BalasHapus
  10. Mas bro mau tnya, kabel dari spullkan ad 4 warna hijau hitam putih sm kuning, itu di smbung kmn ya ? Mksh

    BalasHapus
  11. Tolong infonya gan kalo kabel merah-kuning,hitam-biru,hitam,hijau-kuning,biru muda-oranye itu untuk apa aja ya??? Di motor cbr ane

    BalasHapus
  12. Tolong infonya gan kalo kabel merah-kuning,hitam-biru,hitam,hijau-kuning,biru muda-oranye itu untuk apa aja ya??? Di motor cbr ane

    BalasHapus
  13. bisa ngga listrik koil buat nyalain lampu????

    BalasHapus
  14. Infonya bermanfaat. Thanks bro

    BalasHapus
  15. Infonya bermanfaat. Thanks bro

    BalasHapus
  16. Kejahatan CURANMOR bukan karena niat tapi karena kesempatan,waspadalah....waspadalah >:/. Pakeilah pengaman rahasiah kendaraan anda,ALARM PENGAMAN MOTOR.
    *SENSOR SENTUH
    *SENSOR MAGNET
    *KODE LAMPU. Minat WA 085798713115. CARA KERJA:
    °ALARM SENSOR SENTUH
    -saat kontak di ON semua kelistrikan mati total dan mesin tidak bisa hidup baik di stater maupun di kick stater..Sebelum rahasia sensor kita sentuh.sensor bisa di kaitkan pada baut di motor atau dengan Staples juga paku payung.jika terlambat sekitar 7detik alarm akan berbunyi.
    °ALARM SENSOR MAGNET
    -saat kontak di ON kan semua kelistrikan Mati Total dan mesin tidak bisa hidup baik di stater maupun kick stater.Sebelum magnet kita dekatkan ke sensor yang di rekatkan di belakang cover motor .dan jika terlambat sekitar 7detik alarm akan berbunyi.
    °KODE LAMPU
    -saat kontak di ON kan semua kelistrikan normal. akan tetapi mesin tidak bisa hidup baik di stater atau kick stater..untuk menghidupkannya kita perlu menyalakan lampu walau sesaat sebagai kodenya..bisa menggunakan lampu tembak,indikator gigi ,riting,rem dan lain lain sesuai selera..
    Ada 3 TYPE :
    1K:hanya 1 pengkodean
    2K:Dengan 2 Pengkodean tetapi harus urut bila terbalik tetap tidak akan bisa.misal dengan riting kanan lalu riting kiri
    2B:Dengan 2 pengkodean tetapi harus bebarengan..jadi pilihlah lampu sebagai kode yang bisa nyala ada saat bersamaan.
    semua alat sudah di cor dengan resin tahan rendaman air/goncangan dan juga panas..garansi 1 tahun..pemasangan mudah tanpa potong kabel cuma
    melepas soket..
    keunggulan:
    + saat parkir tidak ada strum yang di pakai beda dengan yang pakai remot.yang slalu stanby .sangat menguras aki
    + bentuknya kecil tidak makan tempat jika sudah di pasang tidak terlihat dari luar
    +tidak mempengaruhi sistem kelistrikan/performa motor.
    + ada emergency/darurat bisa di gunakan sewaktu servis di bengkel atau di pinjam orang biar rahasia tetap terjaga atau terjadi kerusakan alat.RAHASIA DI TENTUKAN PEMILIK KENDARAAN,so PASTI GARANSI

    BalasHapus
  17. Mau nanya ni gan,klo kiprok nya gak di pasag apa di bawa jalan tetep stabil?

    BalasHapus
  18. Kabel hitam di cdi new mx,apkh itu kabel massa/negatif.
    Ada efek negatif ny gk bila kabel hitam saya potong untuk di buat saklar pengaman/alarm system mesin mati saat gigi masuk.

    BalasHapus
  19. Mau nanya nie gan motor mio sporty ane mati total kalau tanpa battrey, d stater maupun d sela tetep aja gk mau nyala.Sebaliknya kalau ada battrey nyala.

    BalasHapus
  20. bagaimana kalau lampu menyala tapi tidak bisa di starter tangan ? itu apanya yang jadi masalah ?

    BalasHapus
  21. bagaimana kalau lampu menyala tapi tidak bisa di starter tangan ? itu apanya yang jadi masalah ?

    BalasHapus
  22. Motorr smash ku spul cdi kiprok coil busi karburator baguss tapi klo di gas gak bisa lari sama sekali apa ya gan????

    BalasHapus
  23. Maaf mas knapa klistrikan lampu depan sama lam sepidomtr mati.apakah ada pengaruh ke spul.d cek pengapian dari kabel pengisian arus aki ke spul hidup sbelah api y sebelah y gk ada api.tlong penjelasan y mas,motor vega force 2016.

    BalasHapus
  24. siip tanks gan sangat bermanfaat

    BalasHapus